Cara Membuat Roket Air Sederhana

Cara Membuat Roket Air dan Peluncurnya

1. Alat dan Bahan

a. 2 botol bekas air mineral lebih baik yang bersoda karena lebih kuat.

b. Pipa Paralon ½ inch  2 meter.

c. Lembaran polycarbonat (dipakai untuk atap atap kanopi)

d. 7-10 cable teast.

e. 3 penutup pipa paralon ( Dop tanpa ulir) ukuran ½ inc.

f. Pentil ( air intake) sepeda motor.

g. Lembaran fiber atau kertas tebal (bc ivory)

h. Sambungan pipa  berbentuk T.

i. Kerikil atau kelereng.

j. Sambungan pipa paralon 1 inc.

k. Gunting, lem paralon, lakban bening, lakban hitam, cutter, dan double tape,

2. Cara Membuat Roket Air

a. Ambil satu botol kemudian potong bagian bawahnya. Masukan alas botol yang belum dipotong ke dalam botol yang sudah berlubang dan rekatkan dengan lakban bening.

b. Buatlah sayap menggunakan lembaran polycarbonate  dengan bentuk sesuai selera dan ukurannya sama. Bisa  bentuk segitiga siku-siku , bujur sangkar, atau setengah bulan sabit. Kemudian rekatkan pada ujung botol yang tidak dipotong menggunakan lakban bening.

c. Buatlah bagian nosecone menggunakan fiber. Caranya buatlah lingkaran dengan diameter yang diinginkan. Tergantung dari ujung botol lancip atau tumpul. Apabila ujung botol semakin lancip maka diameter lingkarannya harus semakin  lebih lebar. Kemudian buatlah bentuk kerucut. Rekatkan sisinya menggunakan doubletape. Masukan pemberat  ke dalam kerucut dan rekatkan di ujung kerucut  dengan double tape agar posisinya tetap saat meluncur. Kemudian satukan nosecone dengan botol mengunakan lakbanbening.

3. Cara Membuat Peluncur

a. Potong pipa paralon ½ inch menjadi 3 bagian dan rangkailah membentuk huruf T, kemudian satukan dengan sambungan pipa, dan Bagian kepala rangkaian huruf T diberi Dop yang nantinya berfungsi sebagai alas.  Dan ujung yang berlawanan disambung dengan pipa  yang sama ukurannya tapi tanpa menggunakan sambungan pipa. Agar bagian sambungan tersebut terlihat menggelembung. Fungsinya untuk menahan roket saat akan diluncurkan. rekatkan  sambungan-sambungan tersebut menggunakan lem paralon.

b. Susun cable teast mengelilingi sambungan pipa yang menggelembung dan rekatkan dengan lakban hitam supaya lebih kuat. Masukan sambungan pipa ukuran 1 inch sehingga posisi cable teast berada di dalam sambungan tersebut.  fungsi dari cable teast dan sambungan ini adalah sebagai penahan agar roket tidak terlepas sebelum mencapai tekanan yang maksimal.

c. Ujung pipa  bagian badan huruf T diberi Dop yang telah di pasang pentil (air intake sepeda motor). Kemudian diberi lem paralon. Fungsinya adalah untuk menghubungkan peluncur denga pompa.

d. Usahakan di setiap sambungan jangan sampai ada lubang supaya udara tidak dapat keluar  ataupun masuk.

4. Cara Menerbangkan

Posisikan peluncur menghadap ke atas dengan sudut 450. Isi 1/3 volume botol dengan air.  Masukkan ujung peluncur yang menggelembung, sedikit ditekan dan kunci dengan cable teast dan sambungan pipa ukuran 1 inch dinaikkan. usahakan airnya tidak masuk ke dalam pipa ataupun keluar. Kemudian pompa botol tersebut dengan teknik pelan kemudian cepat, hingga roket meluncur dengan sendirinya.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s